Penelitian Ilmu Teologi



Penelitian Ilmu Teologi

Harga buku: Rp. 55.000

Pengarang: Amos Winarto

ISBN: 978-979-21-6858-7

Halaman:112

Berat buku:200 gram

Penerbit: Bandung, Kanisius

Tahun Terbit:  2021

Pemesanan:

 



SINOPSIS:

Tujuan utama buku ini adalah untuk menolong para peserta didik ilmu teologi dalam menulis makalah dan tugas akhir mereka dengan lebih baik lagi melalui penggunaan metodologi ilmu teologi itu sendiri. Ilmu teologi seharusnya membangkitkan gairah yang mendatangkan sukacita dan bukan kegentaran yang mendatangkan tekanan.

Ini tidak berarti mereka tidak boleh menggunakan metodologi ilmu-ilmu lain. Perkembangan keilmuan tidak dapat berjalan sendiri. Kolabarasi antar-ilmu akan makin mendorong perkembangan tersebut. Walaupun demikian, ada baiknya seorang peneliti ilmu teologi memahami dan menata terlebih dahulu "rumput sendiri," yaitu metodologi khas ilmu teologi sebelum bersosialiasi dan berkolaborasi bersama untuk "rumput tetangga." Tidaklah selalu rumput tetangga lebih hijau daripada rumput sendiri.

Buku ini dibagi menjadi dua bagian besar: teori dan praktik. Bagian pertama bersifat teoritis karena membahas kedudukan ilmu teologi di antara ilmu-ilmu lain. Keunikan ilmu teologi adalah keterbukaannya terhadap berbagai metode dalam ilmu-ilmu yang tidak serumpun tanpa harus meninggalkan metodologinya sendiri. Salah satu contohnya adalah tersedianya metodologi praktika dalam ilmu teologi yang dapat menggunakan metode penelitian kuantitatif dan/atau kualitatif yang sering digunakan dalam berbagai ilmu lain. Bagian kedua lebih praktis karena berupa arahan penulisan proposal dan proses pembimbingan skripsi dan tesis, termasuk di dalamnya contoh format proposal. Sebagai pelengkap, di bagian akhir tersedia cara merujuk sumber sehingga para peserta didik ilmu teologi mempunyai pegangan dalam mempertanggungjawabkan referensi yang digunakan.

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

A Mind For Christ, A Heart For His Church

Di Atas Dasar yang Teguh: Buku Ajar Katekisasi

Bisa Dengar Suara Saya? Ragam Perspektif Teologi Publik Atas Perubahan dalam Gereja, Sekolah Kristen, dan Masyarakat Indonesia