Mencari Mutiara Berharga: Memahami Perumpamaan Yesus Secara Kritis dan Praktis



Mencari Mutiara Berharga: Memahami Perumpamaan Yesus Secara Kritis dan Praktis

Harga buku: Rp.  SOLD OUT

Pengarang: Kornelius A. Setiawan

ISBN: 978-602-284-067-1

Halaman: 212 halaman

Berat buku: 200 gram

Penerbit: Malang, Bayumedia Publishing

Tahun Terbit:  2014

Pemesanan:

 

 

SINOPSIS:

Salah satu metode pengajaran yang sering dipakai Yesus adalah perumpamaan. Banyak anggota jemaat yang mungkin tidak dapat mengingat pengajaran Yesus secara detil atau kisah-kisah Alkitab lainnya, tetapi mereka dapat mengingat dengan baik kisah yang disampaikan dalam perumpamaan Anak yang Hilang dan dalam perumpamaan Orang Samaria yang Baik Hati. Karena kisah-kisah tersebut begitu menarik dan nyata dalam konteks kehidupan mereka, sehingga dengan mudah dapat diingat dan dipahami.

Demikian juga perumpamaan adalah metode pengajaran Yesus yang sangat penting dan unik. Sangat penting, karena perumpamaan boleh dikatakan mengisi tiga puluh lima persen dari pengajaran Yesus dalam Injil Sinoptik. Sangat unik, karena kita tentunya perlu memahami metode penafsiran perumpamaan agar kita tidak salah dalam memahami dan menafsirkan perumpamaan. Kenyataan ini juga dapat kita lihat dari beberapa bapak gereja mula-mula yang menafsirkan perumpamaan secara alegoris, sehingga maksud utama diberikannya perumpamaan tersebut tidak terkomunikasikan.

Buku ini diawali dengan pembahasan mengenai arti dan definisi perumpamaan, tujuan, sejarah penafsiran dan metode penafsiran perumpamaan. Dalam bab tiga, penulis menguraikan beberapa perumpamaan sebagai contoh bagaimana menafsirkan perumpamaan Yesus.

 


 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Di Atas Dasar yang Teguh: Buku Ajar Katekisasi

A Mind For Christ, A Heart For His Church

Bisa Dengar Suara Saya? Ragam Perspektif Teologi Publik Atas Perubahan dalam Gereja, Sekolah Kristen, dan Masyarakat Indonesia